Brad Pitt The Samaritans

Lower Ninth Ward adalah kawasan New Orleans yang paling parah terdampak Badai Katrina pada tahun 2005. Kawasan yang berdekatan dengan salah satu rumah Brad Pitt dan Angelina Jolie di French Quarter. Entah bagaimana ceritanya, Brad mengakui bahwa ia amat terobsesi dengan pembangunan ulang di Lower Ninth Ward – pasalnya selama empat tahun berikutnya ia menilai pemerintah tidak melakukan hal positif.Akhirnya Brad nekad – ia mencetuskan gagasan untuk membangun sekaligus 109 rumah di kawasan ini. Saat itu saya mungkin sungguh naif dan sama sekali tidak menyadari bahwa membangun satu rumah saja sulit apalagi membangun seratus sembilan unit rumah.

Ditambah gagasan susulannya bahwa rumah yang dibangun kembali bukanlah rumah murah dengan peralatan seadanya, melainkan harus rumah yang baik, mahal, dan membuat penghuninya melupakan masa-masa kehancuran yang telah terjadi. Rada gila, memang …Tapi Brad Pitt membuktikannya. Ia menggalang dana kesana-sini juga dengan pengaruhnya melakukan pendekatan dengan pemerintah federal dan negara bagian ditambah jaringan perbankan, beberapa tokoh filantropis AS, media, dan seterusnya lewat yayasan yang dibentuknya Make It Right. Brad mengungkapkan itulah saat-saat tergila dalam hidupnya saat harus berhadapan dengan rantai birokrasi yang ruwet, dinginnya paras perbankan AS, dan setumpuk kendala yang menguji kesabarannya.

Tapi semua itu kendati perlahan tetap berjalan dengan kerapnya Brad hilir mudik di kawasan Lower Ninth Ward.Lebih gawatnya lagi, Brad merangkul erat para pemilik rumah untuk memilih warna cat dinding, pintu, dan hal-hal sepele lainnya. Masalahnya sang aktor ingin agar masing-masing pemilik rumah merasa bahwa rumah yang dibangun adalah mimpi dan harapan mereka masing-masing yang terwujudkan. Jadi bukan semata rumah sumbangan yang murahan. Kini Lower Ninth Ward telah berubah menjadi kawasan pemukiman yang jauh lebih hebat, asri, dan menyenangkan ketimbang sebelumnya. Brad Pitt mengungkapkan seluruh dana untuk membangun 109 unit rumah di kawasan ini senilai total USD 26,8 juta. Belum termasuk nilai sumbangan dari pelbagai pihak seperti arsitek kondang dari Jepang, Shigeru Ban yang ogah dibayar. Bahkan Brad Pitt sendiri menolak menginformasikan berapa besar dana yang dikeluarkannya secara pribadi. Hebat !

Tinggalkan komentar